Mon – Fri: 7AM – 2PM

Blagungan, Donoyudan, Kalijambe,  Sragen

TATA BUSANA

Tata busana adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara memilih, mengatur dan memperbaiki sehingga diperoleh busana yang lebih serasi dan indah. Kata “busana” diambil dari bahasa Sansekerta “bhusana”. Namun bahasa Indonesia terjadi penggeseran arti “busana” menjadi “padanan pakaian”. Meskipun demikan pengertian busana dan pakaian merupakaian dua hal yang berbeda.

Busana adalah segala sesuatu yang kita pakai mulai dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Sedangkan pakaian adalah bagian dari busana yang tergolong pada busana pokok. Selain itu busana yang dipakai juga dapat menyampaikan pesan atau image (foto) kepada orang yang melihat. Untuk dalam berbusana banyak hal yang perlu diperhatikan dan pertimbangan sehingga diperoleh busana yang serasi, indah dan menarik.

Tata busana sangat berpengaruh terhadap penonton, karena sebelum seorang pemeran didengar dialognya terlebih dahulu diperhatikan penampilannya. Maka dari itu, kesan yang ditimbulkannya pada penonton mengenai dirinya tergantung pada yang tampak oleh mata penonton. Pakaian  yang tampak pertama kali akan membantu menggariskan karakternya, kemudian dari pakaiannya juga akan memperkuat kesan penonton. Sebelum membicarakan itu semua maka terlebih dahulu kita mengetahui tentang istilah tata busana pentas atau kostum pentas.

Segala sandangan dan perlengkapannya (accessories) yang dikenakan di  dalam pentas disebut dengan tata pakaian pentas. Bahkan bisa pemeran atau penari dalam pentas mengenakan pakaiannya sendiri, maka pakaian itu beserta perlengkapannya menjadi kostum pentasnya. Busana pentas meliputi semua pakaian, sepatu, pakaian kepala dan perlengkapannya, baik yang kelihatan maupun yang kelihatan oleh penonton.

foto karnafal
foto karnafal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *